Sabtu, 03 April 2010

PERBEDAAN TAUHID RUBUBIYAH DENGAN TAUHID ULUHIYAH

Perbedaan tauhid rububiyah dengan tauhid uluhiyah dapat diringkas pada poin-poin berikut :
  1. Perbedaan akar kata. Kata rububiyah diambil dari salah satu nama Allah, yaitu Rabb yang memiliki beberapa arti, antara lain : al-murabbi (pemelihara), an-nashir(penolong) dll. Sedangkan uluhiyah berasal dari akar kata Ilah, yang artinya yang disembah atau yang ditaati.
  2. Tauhid rububiyah terkait dengan masalah-masalah kauniyah (alam) seperti: menciptakan, memberi rizki, menghidupkan, mematikan dan semacamnya. Sedangkan tauhid uluhiyah terkait dengan perintah dan larangan, seperti : wajib, haram, makruh, dan lain-lain.
  3. Kaum Musyrikin meyakini tauhid rububiyah tetapi menolak mengakui tauhid uluhiyah.
  4. Subtansi tauhid rububiyah bersifat ilmiah (pengetahuan), sedangkan subtansi tauhid uluhiyah bersifat amaliyah (aplikatif).
  5. Tauhid uluhiyah adalah konsekwensi pengakuan terhadap tauhid rububiyah. Maksudnya, tauhid uluhiyah itu berada di luar tauhid rububiyah, tetapi tauhid rububiyah tidak dianggap teraplikasi dengan benar kecuali bila ditindaklanjuti dengan tauhid uluhiyah. Dan bahwa tauhid uluhiyah sekaligus mengandung pengakuan atas tauhid rububiyah dalam artian bahwa tauhid rububiyah merupakan bagian dari tauhid uluhiyah.
  6. Tidak semua yang beriman kepada tauhid rububiyah otomais menjadi Muslim. Tetapi semua yang beriman pada tauhid uluhiah otomatis menjadi Muslim.
  7. Tauhid rububiyah adalah pengesan Allah SWT dengan perbuatan-perbuatanNya sendiri, seperti mengesakan Dia sebagai Pencipta dan semacamnya. Sedangkan tauhid uluhiyah adalah penegasan Allah dengan perbuatan-perbuatan hambaNya, seperti shalat, zakat, haji, cinta, benci, dll. Karenanya tauhid uluhiyah sering pula disebut tauhid iradah dan tahalab (kemauan dan permohonan).

5 komentar: